Senin, 21 Mei 2012

Media Komunikasi Audio,Visual,Audiovisual"fathur"


Media Komunikasi adalah alat atau perantara, untuk menginformasikan  dan  menyampaikan informasi dari seseorang kepada orang lain. Seperti telpon, handphone.

Media adalah peralatan atau kegiatan yang menciptakan suatu kondisi sehingga memungkinkan seseorang memperoleh keterampilan, pengetahuan dan sikap.  Wujud media bisa tertulismaupun lisan, manual, elektrik, elektronik, dan lain sebagainnya.

Secara umum fungsi media komunikasi yaitu,

1.       Alat untuk menyampaikan informasi

2.       Alat untuk menerjemahkan lambang  komunikasi

3.       Alat untuk mempersingkat penyampaian informasi

4.       Alat untuk menghibur dan mendidik

Jenis jenis media komunikasi, dapat dikelompokan menjadi tiga macam, yaitu:

1.       Media komunikasi berupa audio

2.       Media komunikasi berupa visual

3.       Media komunikasi berupa audio visual

Media komunikasi memiliki beberapa fungsi diantarannya:

1.       Mempermudah penyampaian pesan

2.       Sebagai alat untuk membangkitkan motivasi komunikan

3.       Mempersingkat waktu penyampaian informasi

4.       Membangkitkan daya tarik pesan yang akan disampaikan

5.       Mengkonkretkan isi berita yang bersifat abstrak

6.       Mempelajari isi dan maksud informasi

7.       Merupakan alat hiburan dan mendidik para komunikan

Media komunikasi dibedakan menjadi dua kelompok, yaitu:

1.       Media komunikasi umum

 ialah alat penyampaian pesan yang ditunjukan kepada sasaran baik itu tunggal kelompok ataupun masa. Contohnya: surat, plakat, brosur, poster, spanduk dan pamphlet.

2.       Media komunikasi massa

Ialah alat penyampaian pesan yang hanya di tunjukan dalam komunikasi massa, contohnya: telepon, tv, radio, brosur, plakat dan lain-lain.

Bedasarkan jenisnya media komunikasi yang biasa digunakan sehari-hari, diantaranya:

A.      Surat prive adalah surat pribadi yang ditunjukan kepada seseorang.

B.      Telepon adalah media komunikasi audio yang digunakan dalam komunikasi antar personal atau individu

C.      Pertemuan adalah jenis media komunikasi audio visual yang bersifat langsung.

D.      Wawancara adalah media komunikasi visual karna komunikasi berlangsung dengan tatap muka dan dua arah. Jenis media komunikasi ini lebih banyak di gunakan dalam organisasi secara vertikal antara atasan dengan bawahan.

E.       Kunjungan adalah media komunikasi audio visual dalam suatu kelompok. Jenis media komunikasi ini lebih menitik beratkan pada hubunga antar manusia (humanrelation).

Media komunikasi yang dipergunakan mempunyai keuntungan dan kelemahan diantaranya:

Media audio (pendengaran):

Keuntungannya:

A.      Harganya relatif murah

B.      Dapat membangkitkan fantasi pendengaran

C.      Mudah dibuat dan digunakan

D.      Alatnya sangat sederhana

Kelemahannya:

A.      Agak sulit dikontrol

B.      Kualitas suaranya cenderung menurun atau berkurang

C.      Apabila ada kesalahan harus membuat naskah baru

D.      Tidak dapat ditampilkan secara visual

Media visual (penglihatan):

Keuntungannya:

A.      Informasi yang disampaikan lebih jelas

B.      Biaya pembuatannya relatif murah

C.      Pelaksanaannya dapat menghemat tenaga,

D.      Pembuatan dan penggunaanya lebih murah.

Kelemahannya:

A.      Perlu waktu untuk menafsirkan pengertiannya,

B.      Menimbulkan rasa bosan atau jenuh,

C.      Menimbulkan gangguan-gangguan yang tidak di inginkan,

Media audio visual(pendengaran dan penglihatan):

Keuntungan:

A.      Pemakaiannya tidak membosankan,

B.      Hasilnya lebih mudah untuk di mengerti dan dipahami,

C.      Informasi yang diterima lebih jelas dan cepat dimengerti,

D.      Informasi yang disampaikan dapat diterima sesuai dengan kenyataan.

Kelemahannya:

A.      Suaranya terkadang tidak jelas

B.      Pelaksanaanya perlu waktu cukup lama

C.      Pelaksanaanya memakan tepat yang cukup luas

D.      Biayanya relatif lebih mahal

 prosedur dan format yang relevan dalam komunikasi bisnis

                mengidentifikasi prosedur dan format yang relevan dalam berkomunikasi bisnis,

adalah menetapkan suatu cara/langkah dalam memecahkan suatu problem dan mencari

bentuk serta ukuran yang sesuai dengan keadaan.

Akan mempermudah pencapaian tujuan komunikasi. Penyusunan pesan-pesan bisnis meliputi tiga tahap, yaitu :

1.       Perencanaan

2.       Organisasi  dan komposisi

3.       Revisi

4.       Memahami proses menyusun perencanaan pesan-pesan bisnis 

Media Komunikasi adalah alat atau perantara, untuk menginformasikan  dan  menyampaikan informasi dari seseorang kepada orang lain. Seperti telpon, handphone.
Media adalah peralatan atau kegiatan yang menciptakan suatu kondisi sehingga memungkinkan seseorang memperoleh keterampilan, pengetahuan dan sikap.  Wujud media bisa tertulismaupun lisan, manual, elektrik, elektronik, dan lain sebagainnya.
Secara umum fungsi media komunikasi yaitu,
1.       Alat untuk menyampaikan informasi
2.       Alat untuk menerjemahkan lambang  komunikasi
3.       Alat untuk mempersingkat penyampaian informasi
4.       Alat untuk menghibur dan mendidik
Jenis jenis media komunikasi, dapat dikelompokan menjadi tiga macam, yaitu:
1.       Media komunikasi berupa audio
2.       Media komunikasi berupa visual
3.       Media komunikasi berupa audio visual
Media komunikasi memiliki beberapa fungsi diantarannya:
1.       Mempermudah penyampaian pesan
2.       Sebagai alat untuk membangkitkan motivasi komunikan
3.       Mempersingkat waktu penyampaian informasi
4.       Membangkitkan daya tarik pesan yang akan disampaikan
5.       Mengkonkretkan isi berita yang bersifat abstrak
6.       Mempelajari isi dan maksud informasi
7.       Merupakan alat hiburan dan mendidik para komunikan
Media komunikasi dibedakan menjadi dua kelompok, yaitu:
1.       Media komunikasi umum
 ialah alat penyampaian pesan yang ditunjukan kepada sasaran baik itu tunggal kelompok ataupun masa. Contohnya: surat, plakat, brosur, poster, spanduk dan pamphlet.
2.       Media komunikasi massa
Ialah alat penyampaian pesan yang hanya di tunjukan dalam komunikasi massa, contohnya: telepon, tv, radio, brosur, plakat dan lain-lain.
Bedasarkan jenisnya media komunikasi yang biasa digunakan sehari-hari, diantaranya:
A.      Surat prive adalah surat pribadi yang ditunjukan kepada seseorang.
B.      Telepon adalah media komunikasi audio yang digunakan dalam komunikasi antar personal atau individu
C.      Pertemuan adalah jenis media komunikasi audio visual yang bersifat langsung.
D.      Wawancara adalah media komunikasi visual karna komunikasi berlangsung dengan tatap muka dan dua arah. Jenis media komunikasi ini lebih banyak di gunakan dalam organisasi secara vertikal antara atasan dengan bawahan.
E.       Kunjungan adalah media komunikasi audio visual dalam suatu kelompok. Jenis media komunikasi ini lebih menitik beratkan pada hubunga antar manusia (humanrelation).
Media komunikasi yang dipergunakan mempunyai keuntungan dan kelemahan diantaranya:
Media audio (pendengaran):
Keuntungannya:
A.      Harganya relatif murah
B.      Dapat membangkitkan fantasi pendengaran
C.      Mudah dibuat dan digunakan
D.      Alatnya sangat sederhana
Kelemahannya:
A.      Agak sulit dikontrol
B.      Kualitas suaranya cenderung menurun atau berkurang
C.      Apabila ada kesalahan harus membuat naskah baru
D.      Tidak dapat ditampilkan secara visual
Media visual (penglihatan):
Keuntungannya:
A.      Informasi yang disampaikan lebih jelas
B.      Biaya pembuatannya relatif murah
C.      Pelaksanaannya dapat menghemat tenaga,
D.      Pembuatan dan penggunaanya lebih murah.
Kelemahannya:
A.      Perlu waktu untuk menafsirkan pengertiannya,
B.      Menimbulkan rasa bosan atau jenuh,
C.      Menimbulkan gangguan-gangguan yang tidak di inginkan,
Media audio visual(pendengaran dan penglihatan):
Keuntungan:
A.      Pemakaiannya tidak membosankan,
B.      Hasilnya lebih mudah untuk di mengerti dan dipahami,
C.      Informasi yang diterima lebih jelas dan cepat dimengerti,
D.      Informasi yang disampaikan dapat diterima sesuai dengan kenyataan.
Kelemahannya:
A.      Suaranya terkadang tidak jelas
B.      Pelaksanaanya perlu waktu cukup lama
C.      Pelaksanaanya memakan tepat yang cukup luas
D.      Biayanya relatif lebih mahal
 prosedur dan format yang relevan dalam komunikasi bisnis
                mengidentifikasi prosedur dan format yang relevan dalam berkomunikasi bisnis,
adalah menetapkan suatu cara/langkah dalam memecahkan suatu problem dan mencari
bentuk serta ukuran yang sesuai dengan keadaan.
Akan mempermudah pencapaian tujuan komunikasi. Penyusunan pesan-pesan bisnis meliputi tiga tahap, yaitu :
1.       Perencanaan
2.       Organisasi  dan komposisi
3.       Revisi
4.       Memahami proses menyusun perencanaan pesan-pesan bisnis 


Pengertian Media Komunikasi dan Audio-Visual


Media berarti wadah atau sarana. Dalam bidang komunikasi, istilah media yang sering kita sebut sebenarnya adalah penyebutan singkat dari media komunikasi. Media komunikasi sangat berperan dalam mempengaruhi perubahan masyarakat. Televisi dan radio adalah contoh media yang paling sukses menjadi pendorong perubahan. Audio-visual juga dapat menjadi media komunikasi. Penyebutan audio-visual sebenarnya mengacu pada indra yang menjadi sasaran dari media tersebut. Media audiovisual mengandalkan pendengaran dan penglihatan dari khalayak sasaran (penonton). Produk audio-visual dapat menjadi media dokumentasi dan dapat juga menjadi media komunikasi. Sebagai media dokumentasi tujuan yang lebih utama adalah mendapatkan fakta dari suatu peristiwa. Sedangkan sebagai media komunikasi, sebuah produk audio-visual melibatkan lebih banyak elemen media dan lebih membutuhkan perencanaan agar dapat mengkomunikasikan sesuatu. Film cerita, iklan, media pembelajaran adalah contoh media audio-visual yang lebih menonjolkan fungsi komunikasi. Media dokumentasi sering menjadi salah satu elemen dari media komunikasi. Karena melibatkan banyak elemen media, maka produk audio-visual yang diperuntukkan sebagai media komunikasi kini sering disebut sebagai multimedia.


Pada masyarakat yang masih terbelakang (belum berbudaya baca-tulis) elemenelemen multimedia tidak seluruhnya secara optimal menunjang komunikasi. Masyarakat terbelakang hanya mengenal gambar dan suara. Pada masyarakat modern seluruh elemen multimedia menjadi sangat vital dalam membangun kesatuan dan memperkaya informasi. Suara, teks, gambar statis, animasi dan video harus diperhitungkan sedemikian rupa penampilannya, sehingga dapat menyajikan informasi yang sesuai dengan ciri khas masyarakat modern yakni efektif dan efisien. Untuk kepentingan efektifitas dan efisiensi inilah kemudian muncul istilah multimedia yang bersifat infotainment (informatif sekaligus menghibur) dan multilayer (beberapa lapis tampil pada saat yang sama). Saat menyaksikan tayangan
TV masyarakat telah terbiasa melihat sinetron sambil mencermati tambahan berita dalam bentuk teks yang bergerak di bagian bawah layar TV, dan sesekali melirik logo perusahaan TV di pojok atas.


KELEBIHAN DAN KELEMAHAN MEDIA ( AUDIO, CETAK, FOTO/GAMBAR,VISUAL, DAN ONLINE)1. MEDIA SUARA/AUDIO

(RADIO)Media suara atau audio identik dengan media radio yang memang pendengarnya hanya bisamenikmati suara saja tanpa ada visualisasi ataupun teks.Kelebihan Media suara atau audio (Radio) adalah:a) dalam hal penyampaian informasi atau berita lebih cepat bahkan bisa saat itu juga. b) Biasanya media ini bisa dinikmati sambil melakukan aktifitas yang lainnya. Jadi pendengar tidak harus memantau di depan radio, tetapi bisa menemani aktifitas pendengarnya di mana pun.c) Biaya produksi ataupun biaya yang diperlukan khalayak untuk mendengarkan radio relatif murah, bahkan bisa di dengar tanpa menggunakan listrik tetapi menggunakan baterai. Halinilah mengapa sampai sekarang radio masih digemari oleh khalayak apalagi yang ada di pedesaan.d) Pendengar yang buta huruf pun bisa memahami apa yang disampaikan oleh siaran radio.Jadi khalayak yang tidak berpendidikan pun bisa menikmati media ini, berbeda dengan koranyang memang khalayaknya harus bisa membaca.e) Bahasa yang digunakan bersifat bahasa tutur, jadi mudah dimengerti oleh pendengarnya.f) Pendengar tidak terbatas baik dari segi umur, pendidikan, wilayah dan sebagainya.Meskipun sekarang sudah banyak radio yang tersegmentasi.Adapun untuk kekurangan Media suara atau audio ( Radio ) adalah:a) informasi yang disampaikan hanya sekilas dan tidak bisa diulang, jadi pendengar tidak  bisa mengerti secara detail tentang berita yang disampaikan, karena memang bahasanyasederhana dan tidak didukung oleh visualisasi. Pendengar hanya bisa membayangkan saja. b) Jumlah berita yang disampaikan oleh radio terbatas, tidak sebanyak media cetak( koran).Dalam waktu satu jam mungkin hanya tersaji 2 atau 3 berita, itu pun berita yang paling penting dan sensasional.c) Karena radio penyebarannya melalui alat pemancar, maka khalayak pun juga hanya bisamenikmati radio selama terjangkau oleh daya pancar radio tersebut. Apalagi kalau cuaca
 
yang kurang baik biasanya radio agak melemah daya pancarnya. Sehingga khalayak yang jauh tidak bisa menikmati siaran radio.d) Saat mendengarkan berita di radio kita harus mengikuti jadwal atau waktu dimana radiotersebut akan menyajikan siaran berita.2. MEDIA TULISAN/ TEKS (KORAN, MAJALAH)Media yang mengandalkan tulisan atau teks biasanya identik dengan koran, majalah, tabloiddan lain sebagainya yang berasal dari proses pencarian berita,pengumpulan berita, pengolahan berita (editing) , percetakan dan sampai pada proses distribusi kepada khalayak.Kelebihan media cetak (koran atau majalah) adalah:a) Karena media ini cetak ini hasilnya adalah berupa tulisan atau teks maka media ini bisadisimpan dan bisa di baca berulang- ulang. Di saat pembaca ingin lebih memahami isi berita,maka pembaca bisa mengulang – ulang membacanya. b) Selain itu juga bisa dikumpulkan dan dibuat kliping. Terutama mengenai sebuah beritayang fenomenal ataupun berita- berita yang dianggap menarik.c) Biasanya informasi di dalamnya lebih jelas dan mampu menjelaskan hal- hal yang bersifatkompleks ataupun investigatif. Terkadang disertai gambar atau foto yang lebih memperjelasisi berita yang ditampilkan. Dan ada kalanya bila berita tersebut bersifat continue maka adasedikit pengulangan mengenai berita sebelumnya, sehingga pembaca benar- benar mengertidan faham tentang isi dan alur berita tersebut.d) Jika dilihat dari harganya, media cetak bisa di dapat oleh khalayak dengan harga yangcukup murah. Karena dengan biaya yang cukup murah kita bisa mendapatkan informasi yanglebih banyak. Misalnya koran Jawa Pos, dengan harga Rp. 4.000 kita bisa mendapatkaninformasi atau berita sebanyak 30an halaman berbeda dengan media lain yang terbatas. Iniyang lebih membedakan antara media cetak dengan media elektronik( baik radio maupuntelevisi).e) Bahkan kita bisa memilih berita mana yang ingin kita baca terlebih dahulu,misal tentang politik,ekonomi,olahraga atau yang lainnya. Jadi tidak ada keharusan untuk menyimak informasi satu per satu atau tidak harus berurutan.Untuk kekurangan dari media cetak adalah:a) Media cetak lebih lambat penyampaian beritanya daripada media- media yang lain.Karena memang harus melewati proses yang panjang sampai di tangan khalayak. Bahkan berita yang terjadi hari ini baru bisa diterima oleh khalayak pada hari esoknya. b) Selain itu media cetak hanya terbatas pada tulisan atau teks saja meskipun beberapa didukung oleh foto atau gambar, sehingga pembaca harus memahami sendiri berita tersebutkarena memang visualisasi yang terbatas.c) Untuk biaya produksi media cetak tergolong mahal, karena media cetak harus dicetak dandidistribusikan sebelum dapat dinikmati masyarakat. Biaya percetakan dan pendistribusianitulah yang tergolong mahal.3. MEDIA GAMBAR / FOTOmedia gambar atau foto tergolong media yang sering digunakan untuk lebih memeperjelasatau mengabadikan sebuah peristiwa dan kejadian. Bahkan sebuah berita terasa kurang jikatidak dilengkapi gambar atau foto.Kekurangan dari media gambar atau foto ini adalah:Media Ini tidak akan jelas jika tidak diberi penjelasan yang detail,baik dari segi waktu(hari, tanggal) atau segi kuantitas. Misalkan foto atau gambar tentang bencana alam, makadari gambar tersebut khalayak tidak tahu peristiwa tersebut terjadi hari apa tanggal berapaataupun jumlah korban berapa. Karena tidak tertulis di situ, dan gambar biasanya hanyamenampilkan suasana perwakilan dari seluruh kejadian yang terjadi. Jadi gambar tidak bisa
 
terbaca dengan detail jika tidak di dukung dengan teks atau tulisan. Gambar biasanya lebihmenarik daripada tulisan dan mudah di ingat oleh khalayak yang melihatnya.Sedangkan kelebihan dari gambar atau foto adalah mendukung atau lebih memperjelas dariteks atau tulisan. Dengan adanya gambar atau foto, paling tidak pembaca media cetak bisamengetahui keadaan atau kejadian tersebut meskipun tidak secara menyeluruh. Selain itu,gambar atau foto biasanya dimaknai oleh khalayak dengan berbeda- beda. Sehinggamenimbulkan pemahaman yang berbeda pula antara khalayak yang satu dengan yanglainnya. Kadang juga bersifat ambigu, dimana maksud dari pemotret atau pengambil gambar  berbeda dengan yang melihat foto atau gambar tersebut.4. MEDIA AUDIO VISUAL/ VIDEO (TELEVISI)Media audio visual atau video (Televisi) merupakan media yang sekarang sedang digemarioleh khalayak. Dengan tayangan yang begitu jelas, khalayak bisa melihatnya ataumemantaunya ber jam- jam. Acara dalam televisisi pun biasanya dikemas semenarik mungkin sehingga khalayak dari semua kalangan baik anak- anak maupun dewasa semuamenggemari.Adapun kelebihan dari media audio visual (televisi) ini adalah:a) tidak hanya disajikan dalam bentuk suara , tapi televisi juga didukung oleh video yangmenarik perhatian penonton. Jadi di saat pembaca berita (newscaster) membacakan sebuah berita , penonton bisa lebih jelas karena di dukung dengan adanya video yang ditayangkan. b) Televisi bisa menyajikan laporan langsung dari tempat kejadian dan penonton langsung bisa mengetahui situasi dan keadaan di tempat kejadian perkara (TKP), ini juga yangmenjadikan media televisi lebih menarik dari media lainnya. Dan khalayak bisa lebih pahamdan mengerti maksud berita yang dimaksud.c) Bahasa yang digunakan pada media televisi juga bahasa tutur seperti halnya media audioatau radio.Untuk kekurangan dari media televisi adalah:a) Produksi media televisi masih tergolong mahal, baik dari peralatan dan skill dari SDM nya pun juga harus yang benar- benar mengetahui tentang televisi. Belum lagi untuk biayaoperasional media ini cukup mahal. b) Proses penyampaian berita ke masyarakat ada kalanya membutuhkan waktu lama karenaharus melewati proses pengambilan gambar, editing dan baru bisa disiarkan ke khalayak.
Media Cetak 
Kelebihan :
Repeatable, dapat di baca berkali-kali dengan menyimpannya ataumenglipingnya.
Analisa lebih tajam, dapat membuat orang benar-benar mengerti isi beritadengan analisa yang lebih mendalam dan dapat membuat orang berfikir lebihspesifik tentang isi tulisan.Kekurangan :
Lambat, dari segi waktu media cetak adalah yang terlambat karena mediacetak tidak dapat menyebarkan langsung berita yang terjadi kepadamasyarakat dan harus menunggu turun cetak. Media cetak sering kali hanyamemuat berita yang telah disebarluaskan oleh media lainnya.
contoh gambar media audio:





 



contoh gambar media visual:
 
contoh gambar audio visual: 







1 komentar: