Media Komunikasi
adalah alat atau perantara, untuk menginformasikan dan
menyampaikan informasi dari seseorang kepada orang lain. Seperti telpon,
handphone.
Media adalah peralatan atau kegiatan yang
menciptakan suatu kondisi sehingga memungkinkan seseorang memperoleh
keterampilan, pengetahuan dan sikap.
Wujud media bisa tertulismaupun lisan, manual, elektrik, elektronik, dan
lain sebagainnya.
Secara umum fungsi
media komunikasi yaitu,
1.
Alat untuk menyampaikan
informasi
2.
Alat untuk menerjemahkan lambang komunikasi
3.
Alat untuk mempersingkat
penyampaian informasi
4.
Alat untuk menghibur dan
mendidik
Jenis jenis
media komunikasi, dapat dikelompokan menjadi tiga macam, yaitu:
1.
Media komunikasi berupa audio
2.
Media komunikasi berupa visual
3.
Media komunikasi berupa audio
visual
Media komunikasi
memiliki beberapa fungsi diantarannya:
1.
Mempermudah penyampaian pesan
2.
Sebagai alat untuk
membangkitkan motivasi komunikan
3.
Mempersingkat waktu penyampaian
informasi
4.
Membangkitkan daya tarik pesan
yang akan disampaikan
5.
Mengkonkretkan isi berita yang
bersifat abstrak
6.
Mempelajari isi dan maksud
informasi
7.
Merupakan alat hiburan dan
mendidik para komunikan
Media komunikasi
dibedakan menjadi dua kelompok, yaitu:
1.
Media komunikasi umum
ialah alat penyampaian pesan yang ditunjukan kepada
sasaran baik itu tunggal kelompok ataupun masa. Contohnya: surat, plakat,
brosur, poster, spanduk dan pamphlet.
2.
Media komunikasi massa
Ialah alat penyampaian pesan
yang hanya di tunjukan dalam komunikasi massa, contohnya: telepon, tv, radio,
brosur, plakat dan lain-lain.
Bedasarkan jenisnya media komunikasi yang
biasa digunakan sehari-hari, diantaranya:
A.
Surat prive adalah surat
pribadi yang ditunjukan kepada seseorang.
B.
Telepon adalah media komunikasi
audio yang digunakan dalam komunikasi antar personal atau individu
C.
Pertemuan adalah jenis media
komunikasi audio visual yang bersifat langsung.
D.
Wawancara adalah media
komunikasi visual karna komunikasi berlangsung dengan tatap muka dan dua arah.
Jenis media komunikasi ini lebih banyak di gunakan dalam organisasi secara
vertikal antara atasan dengan bawahan.
E.
Kunjungan adalah media
komunikasi audio visual dalam suatu kelompok. Jenis media komunikasi ini lebih
menitik beratkan pada hubunga antar manusia (humanrelation).
Media komunikasi yang dipergunakan mempunyai
keuntungan dan kelemahan diantaranya:
Media audio (pendengaran):
Keuntungannya:
A.
Harganya relatif murah
B.
Dapat membangkitkan fantasi
pendengaran
C.
Mudah dibuat dan digunakan
D.
Alatnya sangat sederhana
Kelemahannya:
A.
Agak sulit dikontrol
B.
Kualitas suaranya cenderung
menurun atau berkurang
C.
Apabila ada kesalahan harus
membuat naskah baru
D.
Tidak dapat ditampilkan secara
visual
Media visual (penglihatan):
Keuntungannya:
A.
Informasi yang disampaikan
lebih jelas
B.
Biaya pembuatannya relatif
murah
C.
Pelaksanaannya dapat menghemat
tenaga,
D.
Pembuatan dan penggunaanya
lebih murah.
Kelemahannya:
A.
Perlu waktu untuk menafsirkan
pengertiannya,
B.
Menimbulkan rasa bosan atau
jenuh,
C.
Menimbulkan gangguan-gangguan
yang tidak di inginkan,
Media audio visual(pendengaran dan
penglihatan):
Keuntungan:
A.
Pemakaiannya tidak membosankan,
B.
Hasilnya lebih mudah untuk di
mengerti dan dipahami,
C.
Informasi yang diterima lebih
jelas dan cepat dimengerti,
D.
Informasi yang disampaikan
dapat diterima sesuai dengan kenyataan.
Kelemahannya:
A.
Suaranya terkadang tidak jelas
B.
Pelaksanaanya perlu waktu cukup
lama
C.
Pelaksanaanya memakan tepat
yang cukup luas
D.
Biayanya relatif lebih mahal
prosedur dan format yang relevan dalam
komunikasi bisnis
mengidentifikasi prosedur dan format yang relevan
dalam berkomunikasi bisnis,
adalah menetapkan suatu
cara/langkah dalam memecahkan suatu problem dan mencari
bentuk serta ukuran yang
sesuai dengan keadaan.
Akan mempermudah
pencapaian tujuan komunikasi. Penyusunan pesan-pesan bisnis meliputi tiga
tahap, yaitu :
1.
Perencanaan
2.
Organisasi dan komposisi
3.
Revisi
4.
Memahami proses menyusun
perencanaan pesan-pesan bisnis
Media Komunikasi adalah alat
atau perantara, untuk menginformasikan dan menyampaikan informasi
dari seseorang kepada orang lain. Seperti telpon, handphone.
Media adalah peralatan atau kegiatan yang menciptakan suatu kondisi
sehingga memungkinkan seseorang memperoleh keterampilan, pengetahuan dan
sikap. Wujud media bisa tertulismaupun lisan, manual, elektrik,
elektronik, dan lain sebagainnya.
Secara umum fungsi media
komunikasi yaitu,
1.
Alat untuk menyampaikan informasi
2.
Alat untuk menerjemahkan lambang komunikasi
3.
Alat untuk mempersingkat penyampaian informasi
4.
Alat untuk menghibur dan mendidik
Jenis jenis media komunikasi,
dapat dikelompokan menjadi tiga macam, yaitu:
1.
Media komunikasi berupa audio
2.
Media komunikasi berupa visual
3.
Media komunikasi berupa audio visual
Media komunikasi memiliki
beberapa fungsi diantarannya:
1.
Mempermudah penyampaian pesan
2.
Sebagai alat untuk membangkitkan motivasi komunikan
3.
Mempersingkat waktu penyampaian informasi
4.
Membangkitkan daya tarik pesan yang akan disampaikan
5.
Mengkonkretkan isi berita yang bersifat abstrak
6.
Mempelajari isi dan maksud informasi
7.
Merupakan alat hiburan dan mendidik para komunikan
Media komunikasi dibedakan
menjadi dua kelompok, yaitu:
1.
Media komunikasi umum
ialah alat penyampaian pesan yang ditunjukan kepada sasaran baik itu
tunggal kelompok ataupun masa. Contohnya: surat, plakat, brosur, poster,
spanduk dan pamphlet.
2.
Media komunikasi massa
Ialah alat penyampaian pesan yang hanya di tunjukan dalam komunikasi massa,
contohnya: telepon, tv, radio, brosur, plakat dan lain-lain.
Bedasarkan jenisnya media komunikasi yang biasa digunakan sehari-hari,
diantaranya:
A.
Surat prive adalah surat pribadi yang ditunjukan kepada seseorang.
B.
Telepon adalah media komunikasi audio yang digunakan dalam komunikasi antar
personal atau individu
C.
Pertemuan adalah jenis media komunikasi audio visual yang bersifat langsung.
D.
Wawancara adalah media komunikasi visual karna komunikasi berlangsung
dengan tatap muka dan dua arah. Jenis media komunikasi ini lebih banyak di
gunakan dalam organisasi secara vertikal antara atasan dengan bawahan.
E.
Kunjungan adalah media komunikasi audio visual dalam suatu kelompok. Jenis
media komunikasi ini lebih menitik beratkan pada hubunga antar manusia
(humanrelation).
Media komunikasi yang dipergunakan mempunyai keuntungan dan kelemahan
diantaranya:
Media audio (pendengaran):
Keuntungannya:
A.
Harganya relatif murah
B.
Dapat membangkitkan fantasi pendengaran
C.
Mudah dibuat dan digunakan
D.
Alatnya sangat sederhana
Kelemahannya:
A.
Agak sulit dikontrol
B.
Kualitas suaranya cenderung menurun atau berkurang
C.
Apabila ada kesalahan harus membuat naskah baru
D.
Tidak dapat ditampilkan secara visual
Media visual (penglihatan):
Keuntungannya:
A.
Informasi yang disampaikan lebih jelas
B.
Biaya pembuatannya relatif murah
C.
Pelaksanaannya dapat menghemat tenaga,
D.
Pembuatan dan penggunaanya lebih murah.
Kelemahannya:
A.
Perlu waktu untuk menafsirkan pengertiannya,
B.
Menimbulkan rasa bosan atau jenuh,
C.
Menimbulkan gangguan-gangguan yang tidak di inginkan,
Media audio visual(pendengaran dan penglihatan):
Keuntungan:
A.
Pemakaiannya tidak membosankan,
B.
Hasilnya lebih mudah untuk di mengerti dan dipahami,
C.
Informasi yang diterima lebih jelas dan cepat dimengerti,
D.
Informasi yang disampaikan dapat diterima sesuai dengan kenyataan.
Kelemahannya:
A.
Suaranya terkadang tidak jelas
B.
Pelaksanaanya perlu waktu cukup lama
C.
Pelaksanaanya memakan tepat yang cukup luas
D.
Biayanya relatif lebih mahal
prosedur dan format yang
relevan dalam komunikasi bisnis
mengidentifikasi prosedur dan format yang relevan dalam berkomunikasi bisnis,
adalah menetapkan suatu cara/langkah dalam memecahkan suatu problem dan
mencari
bentuk serta ukuran yang sesuai dengan keadaan.
Akan mempermudah pencapaian tujuan komunikasi. Penyusunan pesan-pesan
bisnis meliputi tiga tahap, yaitu :
1.
Perencanaan
2.
Organisasi dan komposisi
3.
Revisi
4.
Memahami proses menyusun perencanaan pesan-pesan bisnis
Pengertian
Media Komunikasi dan Audio-Visual
Media berarti wadah atau sarana. Dalam
bidang komunikasi, istilah media yang sering kita sebut sebenarnya adalah
penyebutan singkat dari media komunikasi. Media komunikasi sangat berperan
dalam mempengaruhi perubahan masyarakat. Televisi dan radio adalah contoh media
yang paling sukses menjadi pendorong perubahan. Audio-visual juga dapat menjadi
media komunikasi. Penyebutan audio-visual sebenarnya mengacu pada indra yang
menjadi sasaran dari media tersebut. Media audiovisual mengandalkan pendengaran
dan penglihatan dari khalayak sasaran (penonton). Produk audio-visual dapat
menjadi media dokumentasi dan dapat juga menjadi media komunikasi. Sebagai
media dokumentasi tujuan yang lebih utama adalah mendapatkan fakta dari suatu
peristiwa. Sedangkan sebagai media komunikasi, sebuah produk audio-visual
melibatkan lebih banyak elemen media dan lebih membutuhkan perencanaan agar
dapat mengkomunikasikan sesuatu. Film cerita, iklan, media pembelajaran adalah
contoh media audio-visual yang lebih menonjolkan fungsi komunikasi. Media
dokumentasi sering menjadi salah satu elemen dari media komunikasi. Karena
melibatkan banyak elemen media, maka produk audio-visual yang diperuntukkan
sebagai media komunikasi kini sering disebut sebagai multimedia.
Pada masyarakat yang masih terbelakang (belum berbudaya baca-tulis) elemenelemen multimedia tidak seluruhnya secara optimal menunjang komunikasi. Masyarakat terbelakang hanya mengenal gambar dan suara. Pada masyarakat modern seluruh elemen multimedia menjadi sangat vital dalam membangun kesatuan dan memperkaya informasi. Suara, teks, gambar statis, animasi dan video harus diperhitungkan sedemikian rupa penampilannya, sehingga dapat menyajikan informasi yang sesuai dengan ciri khas masyarakat modern yakni efektif dan efisien. Untuk kepentingan efektifitas dan efisiensi inilah kemudian muncul istilah multimedia yang bersifat infotainment (informatif sekaligus menghibur) dan multilayer (beberapa lapis tampil pada saat yang sama). Saat menyaksikan tayangan TV masyarakat telah terbiasa melihat sinetron sambil mencermati tambahan berita dalam bentuk teks yang bergerak di bagian bawah layar TV, dan sesekali melirik logo perusahaan TV di pojok atas.
Pada masyarakat yang masih terbelakang (belum berbudaya baca-tulis) elemenelemen multimedia tidak seluruhnya secara optimal menunjang komunikasi. Masyarakat terbelakang hanya mengenal gambar dan suara. Pada masyarakat modern seluruh elemen multimedia menjadi sangat vital dalam membangun kesatuan dan memperkaya informasi. Suara, teks, gambar statis, animasi dan video harus diperhitungkan sedemikian rupa penampilannya, sehingga dapat menyajikan informasi yang sesuai dengan ciri khas masyarakat modern yakni efektif dan efisien. Untuk kepentingan efektifitas dan efisiensi inilah kemudian muncul istilah multimedia yang bersifat infotainment (informatif sekaligus menghibur) dan multilayer (beberapa lapis tampil pada saat yang sama). Saat menyaksikan tayangan TV masyarakat telah terbiasa melihat sinetron sambil mencermati tambahan berita dalam bentuk teks yang bergerak di bagian bawah layar TV, dan sesekali melirik logo perusahaan TV di pojok atas.
KELEBIHAN DAN
KELEMAHAN MEDIA ( AUDIO, CETAK, FOTO/GAMBAR,VISUAL, DAN ONLINE)1. MEDIA
SUARA/AUDIO
(RADIO)Media suara atau audio
identik dengan media radio yang memang pendengarnya hanya bisamenikmati suara saja tanpa ada visualisasi
ataupun teks.Kelebihan Media suara atau audio (Radio) adalah:a) dalam hal
penyampaian informasi atau berita lebih cepat bahkan bisa saat itu juga. b)
Biasanya media ini bisa dinikmati sambil melakukan aktifitas yang lainnya.
Jadi pendengar tidak harus memantau di depan radio, tetapi bisa menemani
aktifitas pendengarnya di mana pun.c)
Biaya produksi ataupun biaya yang diperlukan khalayak untuk mendengarkan radio
relatif murah, bahkan bisa di dengar
tanpa menggunakan listrik tetapi menggunakan baterai. Halinilah mengapa
sampai sekarang radio masih digemari oleh khalayak apalagi yang ada di pedesaan.d) Pendengar yang buta
huruf pun bisa memahami apa yang disampaikan oleh siaran radio.Jadi khalayak yang tidak berpendidikan pun bisa
menikmati media ini, berbeda dengan koranyang memang khalayaknya harus bisa
membaca.e) Bahasa yang digunakan bersifat bahasa tutur, jadi mudah
dimengerti oleh pendengarnya.f) Pendengar tidak terbatas baik dari segi umur,
pendidikan, wilayah dan sebagainya.Meskipun sekarang sudah banyak radio yang
tersegmentasi.Adapun untuk kekurangan Media
suara atau audio ( Radio ) adalah:a) informasi yang disampaikan hanya
sekilas dan tidak bisa diulang, jadi pendengar tidak bisa mengerti secara detail tentang berita yang
disampaikan, karena memang bahasanyasederhana dan tidak didukung oleh
visualisasi. Pendengar hanya bisa membayangkan saja. b) Jumlah
berita yang disampaikan oleh radio terbatas, tidak sebanyak media cetak(
koran).Dalam waktu satu jam mungkin hanya
tersaji 2 atau 3 berita, itu pun berita yang paling penting dan
sensasional.c) Karena radio penyebarannya
melalui alat pemancar, maka khalayak pun juga hanya bisamenikmati radio selama
terjangkau oleh daya pancar radio tersebut. Apalagi kalau cuaca
yang kurang baik
biasanya radio agak melemah daya pancarnya. Sehingga khalayak yang jauh tidak bisa
menikmati siaran radio.d) Saat mendengarkan
berita di radio kita harus mengikuti jadwal atau waktu dimana radiotersebut
akan menyajikan siaran berita.2. MEDIA TULISAN/
TEKS (KORAN, MAJALAH)Media yang mengandalkan tulisan atau teks biasanya identik
dengan koran, majalah, tabloiddan lain sebagainya yang berasal dari proses
pencarian berita,pengumpulan berita, pengolahan berita (editing) ,
percetakan dan sampai pada proses distribusi kepada khalayak.Kelebihan media
cetak (koran atau majalah) adalah:a) Karena media ini cetak ini hasilnya adalah
berupa tulisan atau teks maka media ini bisadisimpan dan bisa di baca berulang-
ulang. Di saat pembaca ingin lebih memahami isi berita,maka pembaca bisa
mengulang – ulang membacanya. b) Selain itu juga bisa dikumpulkan dan
dibuat kliping. Terutama mengenai sebuah beritayang fenomenal ataupun
berita- berita yang dianggap menarik.c) Biasanya informasi di dalamnya lebih
jelas dan mampu menjelaskan hal- hal yang bersifatkompleks ataupun
investigatif. Terkadang disertai gambar atau foto yang lebih memperjelasisi berita yang ditampilkan. Dan ada kalanya bila
berita tersebut bersifat continue maka adasedikit pengulangan mengenai berita
sebelumnya, sehingga pembaca benar- benar mengertidan faham tentang isi
dan alur berita tersebut.d) Jika dilihat
dari harganya, media cetak bisa di dapat oleh khalayak dengan harga yangcukup
murah. Karena dengan biaya yang cukup murah kita bisa mendapatkan informasi
yanglebih banyak. Misalnya koran Jawa Pos, dengan harga Rp. 4.000 kita bisa
mendapatkaninformasi atau berita sebanyak 30an halaman berbeda dengan
media lain yang terbatas. Iniyang lebih
membedakan antara media cetak dengan media elektronik( baik radio
maupuntelevisi).e) Bahkan kita bisa memilih berita mana yang ingin kita baca
terlebih dahulu,misal tentang politik,ekonomi,olahraga atau yang lainnya.
Jadi tidak ada keharusan untuk menyimak informasi satu per satu
atau tidak harus berurutan.Untuk kekurangan
dari media cetak adalah:a) Media cetak lebih lambat penyampaian beritanya
daripada media- media yang lain.Karena memang harus melewati proses yang
panjang sampai di tangan khalayak. Bahkan berita yang terjadi hari ini
baru bisa diterima oleh khalayak pada hari esoknya. b) Selain itu media cetak hanya terbatas pada tulisan atau teks
saja meskipun beberapa didukung oleh foto atau gambar, sehingga pembaca
harus memahami sendiri berita tersebutkarena
memang visualisasi yang terbatas.c) Untuk biaya produksi media cetak tergolong
mahal, karena media cetak harus dicetak dandidistribusikan sebelum dapat
dinikmati masyarakat. Biaya percetakan dan pendistribusianitulah yang tergolong mahal.3. MEDIA GAMBAR /
FOTOmedia gambar atau foto tergolong media yang sering digunakan untuk lebih
memeperjelasatau mengabadikan sebuah peristiwa dan kejadian. Bahkan sebuah
berita terasa kurang jikatidak dilengkapi gambar atau foto.Kekurangan dari
media gambar atau foto ini adalah:Media Ini tidak akan jelas jika tidak diberi
penjelasan yang detail,baik dari segi waktu(hari, tanggal) atau segi kuantitas.
Misalkan foto atau gambar tentang bencana alam, makadari gambar tersebut
khalayak tidak tahu peristiwa tersebut terjadi hari apa tanggal berapaataupun
jumlah korban berapa. Karena tidak tertulis di situ, dan gambar biasanya hanyamenampilkan suasana perwakilan dari seluruh
kejadian yang terjadi. Jadi gambar tidak bisa
terbaca dengan detail jika tidak di
dukung dengan teks atau tulisan. Gambar biasanya lebihmenarik daripada tulisan dan mudah di ingat oleh khalayak yang
melihatnya.Sedangkan kelebihan dari gambar atau foto adalah mendukung atau
lebih memperjelas dariteks atau tulisan. Dengan adanya gambar atau foto, paling
tidak pembaca media cetak bisamengetahui keadaan atau kejadian tersebut
meskipun tidak secara menyeluruh. Selain itu,gambar atau foto biasanya
dimaknai oleh khalayak dengan berbeda- beda. Sehinggamenimbulkan pemahaman yang berbeda pula antara khalayak yang satu
dengan yanglainnya. Kadang juga bersifat ambigu, dimana maksud dari pemotret
atau pengambil gambar berbeda dengan yang melihat foto atau gambar
tersebut.4. MEDIA AUDIO VISUAL/ VIDEO (TELEVISI)Media audio visual atau video
(Televisi) merupakan media yang sekarang sedang digemarioleh khalayak. Dengan
tayangan yang begitu jelas, khalayak bisa melihatnya ataumemantaunya ber jam-
jam. Acara dalam televisisi pun biasanya dikemas semenarik mungkin
sehingga khalayak dari semua kalangan baik anak- anak maupun dewasa
semuamenggemari.Adapun kelebihan dari media audio visual (televisi) ini
adalah:a) tidak hanya disajikan dalam bentuk suara , tapi televisi juga
didukung oleh video yangmenarik perhatian
penonton. Jadi di saat pembaca berita (newscaster) membacakan sebuah berita
, penonton bisa lebih jelas karena di dukung dengan adanya video yang
ditayangkan. b) Televisi bisa menyajikan laporan langsung dari tempat
kejadian dan penonton langsung bisa
mengetahui situasi dan keadaan di tempat kejadian perkara (TKP), ini juga
yangmenjadikan media televisi lebih menarik dari media lainnya. Dan khalayak
bisa lebih pahamdan mengerti maksud berita yang dimaksud.c) Bahasa yang digunakan pada media televisi juga
bahasa tutur seperti halnya media audioatau radio.Untuk kekurangan dari media televisi adalah:a)
Produksi media televisi masih tergolong mahal, baik dari peralatan dan skill
dari SDM nya pun juga harus yang benar- benar mengetahui tentang televisi.
Belum lagi untuk biayaoperasional media ini
cukup mahal. b) Proses penyampaian berita ke masyarakat ada kalanya
membutuhkan waktu lama karenaharus melewati
proses pengambilan gambar, editing dan baru bisa disiarkan ke khalayak.
Media Cetak
Kelebihan :
•
Repeatable, dapat di baca berkali-kali
dengan menyimpannya ataumenglipingnya.
•
Analisa lebih tajam, dapat membuat orang
benar-benar mengerti isi beritadengan analisa yang lebih mendalam dan dapat
membuat orang berfikir lebihspesifik tentang isi tulisan.Kekurangan :
•
Lambat, dari segi waktu media cetak
adalah yang terlambat karena mediacetak tidak dapat menyebarkan langsung berita
yang terjadi kepadamasyarakat dan harus menunggu turun cetak. Media cetak
sering kali hanyamemuat berita yang telah disebarluaskan oleh media lainnya.
contoh gambar media audio:
contoh gambar media visual:
contoh gambar audio visual: